SOSIALISASI PROGRAM SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) ON-LINE TAHUN 2011

June 1, 2011
Download versi PDF  
  • Kebutuhan terhadap sistem informasi yang cepat dan akurat sudah menjadi kebutuhan pokok di setiap lembaga pendidikan. Karena itulah, STAIN Salatiga khususnya bidang akademik melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas layanan melalui Program Sistem Akademik (SIAKAD) on-line pada tahun 2011 ini.

    Sistem Informasi Akademik STAIN Salatiga terdiri dari lima alamat web-site yaitu :

    1. Website pengolah data akademik (data lembaga, data kurikulum, data mahasiswa, jadwal kuliah, jadwal ujian, presensi, krs mahasiswa, pengolah nilai, data alumni, pengguna/user adalah staf akademik, dosen dan unsur pimpinan.
    2. http://akademik.stainsalatiga.ac.id/mandiri adalah website yang memberikan fasilitas kepada mahasiswa berupa informasi jadwal kuliah (sebagai dasar pengisian KRS on-line), jadwal ujian, nilai tiap semester, transkrip nilai, informasi pembayaran spp, penggantian password, update biodata.
    3. Website pengolah data SPP mahasiswa user dari web ini adalah bendahara penerima dan staf akademik bagian registrasi.
    4. http://akademik.stainsalatiga.ac.id/pmb adalah website penerimaan mahasiswa baru on-line pengguna adalah pendaftar dan staf akademik.
    5. Website yang mengelola permintaan data melalui sms. Pengelola adalah staf akademik dan upt computer, untuk uji coba penggunaan permintaan data melalui sms ini, kami masih menggunakan nomor biasa.  Kendalanya adalah masa aktif, jumlah pulsa pada nomor tersebut tidak bias dikontrol, sehingga perlu dibuat kerja sama dengan salah satu provider telepon selular.

    Kelima website tersebut sudah terintegrasi antara data mahasiswa, dosen, penerima mahasiswa baru, data keuangan spp mahasiswa, dan kegiatan akademik.

    Sosialisasi Program SIAKAD on-line dilakukan pada tanggal 18 Mei 2011 di Lantai 3 Gedung Administrasi Kampus I STAIN Salatiga. Acara dihadiri oleh segenap karyawan bidang akademik STAIN Salatiga dan para pejabat di lingkungan STAIN Salatiga. Follow-up acara ini adalah perlunya pelatihan Program SIAKAD on-line pada semua dosen dan mahasiswa STAIN Salatiga. Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan Program SIAKAD On-line diharapkan bahwa program ini dapat digunakan oleh  pimpinan, dosen dan mahasiswa dalam rangka peningkatan kualitas layanan terutama bidang akademik. (Hh)

  • Komentar