Lokakarya Imsakiyah 1433H

June 21, 2012
Download versi PDF  
  • Menyambut bulan suci Ramadhan 1433H Jurusan Syariah STAIN Salatiga menyelenggarakan Lokakarya Imsakiyah. Kegitan ini berlangsung pada hari Rabu, 20 Juni 2012 di Aula Kampus 2 STAIN Salatiga Jl. Sadewa V/A No.9 Kembangarum Salatiga.  Acara dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB dan dibuka langsung oleh Drs. H. Mubasirun, M.Ag. sebagai ketua Jurusan Syariah dan sekretaris Jurusan Syariah Dra. Siti Zumrotun, M.Ag.

    Kegiatan Lokakarya Imsakiyah ini menampilkan tiga nara sumber yakni Prof. Dr. H. Muh. Zuhri, M.A. (Guru Besar Prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah ), Drs. KH. Mutoha Arkanudin (Ketua Rukiyah Hilal Indonesia, anggota Badan Hisab Rukyat Kemenag RI dan anggota Lajnah Falakiyah PBNU), dan Drs. H. Abdul Basith, M.Pd.I. (ahli falak Kota Salatiga). Drs. H. Abdul Basith, M.Pd.I.  menyampaikan kebijakan rukyah bersandar metode rukyah. Sementara Prof. Dr. H. Muh. Zuhri, M.A. menyampaikan draft imsakiyah bersandar metode hisab. Drs. KH. Mutoha Arkanudin menyampaikan simpulan kedua metode imsakiyah yang berkembang di Indonesia dan tinjauan astronomis dalam penentuan imsakiyah ini. Lokakarya ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat bagi STAIN Salatiga guna memberikan informasi seluasnya bagi masyarakat mengenai penentuan awal Ramadhan dan Syawal. Kegiatan ini pula diselenggarakan guna penyusunan jadwal imsakiyah untuk wilayah kota Salatiga dan sekitarnya yang senantiasa ditunggu masyarakat.

    Lokakarya Imsakiyah ini dihadiri oleh Ketua PA Salatiga, Kemenag Kota Salatiga, perwakilan Ponpes, kepala sekolah, takmir masjid, dan ormas dari Kota Salatiga dan sekitarnya. Kegiatan ini juga dihadiri internal kampus baik dosen maupun perwakilan mahasiswa Jurusan Syariah. (AJ)

  • Komentar