Lokasi

Sekilas Pandang Kota Salatiga

Kota Salatiga teletak pada ketinggian antara: 450 – 825m dpl menjadikan kota ini sejuk dan udaranya  segar, itulah kesan pertama yang bisa digambarkan untuk Salatiga.  Iklimnya tropis dan secaraastronomis Kota ini  terletak antara 1100.27′.56,81″ – 1100.32′.4,64″ BT dan 0070.17′. – 0070.17′.23″ LS. Kota ini Secara  morfologis berada di daerah cekungan, dikelilingi Gunung Merbabu diantara gunung-gunung kecil antara lain: Gajah Mungkur, Telomoyo, dan Payung Rong. Wilayah Salatiga dikelilingi wilayah Kabupaten Semarang dari berbagai sisinya.

Wilayah Kota Salatiga berbatasan dengan wilayah Kabupaten Semarang.  Di wilayah utara berbatasan dengan  Kecamatan Pabelan, sebelah timur dengan Kecamatan Tengaran. Sedangkan di Selatan  berbatasan dengan Kecamatan Getasan dan sebagian Tengaran . Adapun di sebelah Barat berbatasan dengan  Kecamatan Tuntang.

65% Daerah Salatiga Bergelombang seperti Kelurahan Dukuh, Ledok, Kutowinangun, Salatiga, Sidorejo Lor, Bugel, Kumpulrejo, dan Kauman Kidul. Sisanya adalah daerah miring25% dan datar 10%.

Salatiga merupakan kota multicultural yang sangat Indonesia dengan jumlah penduduk  177.088 orang. 78 % atau sekitar 136.000 penduduk  beragama Islam, 17 % beragama Kristen Prostestan, 5 % Katolik, sisanya beragama Hindu, Budha serta aliran Kepercayaan (termasuk Kejawen). Dikenal sebagai kota yang indah, Kota Salatiga memiliki beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), STIA AMA, Akbid Bakti Nusantara, Akbid Ar Rum, dan tentu saja STAIN Salatiga. Dengan demikian, STAIN Salatiga menjadi kampus Negeri satu-satunya di wilayah ini.

Transportasi

 Salatiga berada di jalur utama Semarang- Boyolali-Solo, dengan jarak  tempuh 1,5 jam dari Semarang/ Bandara Ahmad Yani , 1 Jam dari Solo/ Bandara Adi Sumarmo dan 2 Jam dari Jogja/ bandara Adi Sucipto.  Bus besar dan  minibus  melewati Kota Salatiga sepanjang hari selama 24 jam.  Bus-bus yang lewat adalah PO. Raya, Ismo, Esto, Sari, Safari, Putra Palagan, Mulyo Indah, Rajawali, Sumber Kencono, Sawojajar, Santika. Bus jurusan Solo – Jakarta  via pantura dan sebaliknya juga melewati Kota ini.

Masjid STAIN Salatiga

Untuk  menuju STAIN Salatiga cukup mudah karena ada di pusat kota, tepatnya  bersebelahan dengan alun-alun Kota Salatiga. Juga berdampingan dengan Masjid Raya Darul Amal, Kantor Polres, Samsat, Kantor Walikota, RSU Salatiga, Stadion Kridosono  dan pusat pemerintahan lainnya. Mudah dijangkau dengan kendaran roda dua maupun mobil. Semua angkutan kota melewati kampus  STAIN Salatiga dengan tarif  berkisar Rp. 1000-2000, dari arah manapun.

Peta Lokasi

Peta Lokasi STAIN Salatiga